Patriot Kecil

Karya: Arief Gilang A.

(Berdasarkan cerpen karya Angela Purba S)

Deskripsi Tokoh

Rima (sang kakak) : Penyayang, sabar, dan penuh kasih sayang

Roni (sang adik) : Lugu, lucu, dan penuh semangat

Di ruang tamu terdapat empat kursi dan satu meja, Roni menduduki salah satu kursi yang dekat dengan jendela yang sedang sedih. Rima penasaran kenapa adiknya dari tadi hanya disitu, Rima pun mendatangi adiknya itu.

Rima :   “Roni, kamu ngapain? Kok dari tadi diam saja? Ada masalah ya di sekolah?” (tanya Rima langsung)

Roni :   “Nggak sih.” (jawab Roni dengan suara pelan)

Rima :   “Terus?”

Roni :   “Kak, aku ingin jadi Patriot.” (memandang kakaknya dengan wajah jenuh)

Rima kakaknya memberi senyuman kepada adiknya yang polos itu. Rima kagum dan bangga terhadap adiknya yang masih berumur 6 tahun sudah punya impian menjadi seorang patriot.

Rima : “Jadi? Apa yang harus dilakukan sama Patriot kecil kayak kamu?”

Roni :   “Perang!” (jawabnya dengan lantang)

Jawaban adiknya itu membuat Rima tertawa. Rima duduk dikursi yang terletak di samping Roni. Rima memberi motivasi kepada adiknya.

Rima : “Perang itu nggak wajib, Ron.Yang kamu perlu lakukan hanya membuat Negara mu bangga.” (sambil mengelus kepala roni)

Roni : “Gimana caranya? Mereka aja nggak kenal sama aku, kak.” (Jawab roni dengan penasaran)

Rima:   “Nah, buat mereka kenal sama kamu dan tau kamu. Semua itu memang butuh perjuangan.” (dengan wajah tersenyum)

Roni :   “Terus, Roni harus apa?” (menatap sang kakak)

Rima :  “Roni harus tunjukkan kalau kamu bukan hanya anak biasa dari desa kecil. Tapi anak luar biasa berasal dari desa kecil.”

Roni :   “Roni tetap nggak ngerti.”(menatap mata kakaknya)

Rima :  “Roni artinya harus bekerja keras demi membuat Negara kita bangga. Mungkin sekarang emang belum banyak yang tau kamu. Tapi kalau kamu punya niat membuat orang kenal sama kamu, semua itu akan terjadi kok. Lakukan hal positif dan terhormat, itu yang membuat kamu menjadi patriot kecil. Sekarang, ngerti?”

Roni mengangguk paham dan tersenyum lebar sambil berdiri dan berlari keluar rumah

Roni :   “OKE!!” (teriak Roni semangat) “Akulah Si Patriot Kecil. (katanya dalam hati sambil menutup mata dan membentangkan tangannya yang lebar berasa sedang terbang)

Rima pun tersenyum melihat tingkah sang adik. Rima akhirnya mengacungkan jempol untuk adik tersayangnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *