Dampak Negatif dan Positif Jejaring Sosial

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

Internet merupakan teknologi masa kini yang mempunyai peran sangat penting di masa  globalisasi saat ini. Ineternet diibaratkan sebagai perpustakaan dunia, yang bisa kita akses dengan mudah dan dapat memenuhi segala kebutuhan yang kita perlukaan. Internet mempunyai jaringan data yang mendunia, seseorang bisa mengakses dengan bebas di dalam internet sesuai dengan kehendaknya.

Bahkan sedikit orang yang mengatakan bahwa internet merupakan dunia baru yang di dalamnya meliputi beberapa aspek, dari mulai ekonomi, politik, pendidikan, pengetahuan tentang alam, jaringan sosial, dan game online. Khususnya di dunia pendidikan internet dengan kemudahan mengakses data-data dapat memudahkan proses belajar mengajar. Penggunaan  internet pada pembelajaran menjadi suplemen yang bermanfaat dan memiliki pengaruh-pengaruh yang positif terhadap penyelesaian tugas-tugas siswa

Namun, internet juga memliki dampak negatif, berdasarkan fakta yang terjadi saat ini internet banyak juga menimbulkan masalah, terutama dalam dunia pendidika. Bahkan sebagian dari mereka banyak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game online atau situs-situs jejaring sosial. Disini, akan membahas internet memengaruhi konsentrasi pelajar dalam belajar di rumah maupun di sekolah.

  1. Rumusan Masalah
  • Pengertian dan jenis – jenis jejaring sosial ?
  • Maanfaat bagi pengguna jejaring sosial ?
  • Dampak positif dan dampak negatif dari jejaring sosial ?
  • Cara mengatasi kecanduan terhadap jejaring sosial?
  1. Tujuan Karya Tulis

Kami akan membahas pengertian dan jenis dari jejaring sosial, manfaat jejaring sosial, serta dampak negatif dan dampak positif jejaring sosial.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

Jejaring sosial saat ini telah menguasai kehidupan para pengguna Internet. Layanan yang dihadirkan oleh masing-masing situs jejaring sosial berbeda-beda. Hal inilah yang merupakan ciri khas dan juga keunggulan masing-masing situs jejaring sosial. Tetapi umumnya layanan yang ada pada jejaring sosial adalah chating, email, berbagi video atau foto, blog, dan lain-lain. Pemanfaatan situs jejaring sosial atau social networking telah menjadi trend atau gaya hidup bagi sebagian masyarakat.

 

  1. PENGERTIAN DAN JENIS JEJARING SOSIAL

Jejaring sosial (social network) adalah bentuk struktur sosial yang terdiri dari simpul-simpul yang saling terkait dan terikat oleh satu atau lebih tipe hubungan yang spesifik. Simpul-simpul yang dimaksudkan disini dapat berupa individu maupun organisasi.  Istilah jejaring sosial pertama kali diperkenalkan pada tahun 1954. Jejaring sosial merupakan sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial ini akan membuat mereka yang memiliki kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang telah dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga bisa saling berhubungan.

  • Facebook: Facebook merupakan situs jejaring sosial yang sedang populer saat ini. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh facebook dan jarang dimiliki oleh situs jejaring sosial lain adalah beragamnya aplikasi yang dapat memanjakan pengguna, baik yang dikembangkan oleh pihak internal maupun eksternal facebook.
  • Twitter: Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs tersebut. Twitter secara resmi diluncurkan pada bulan Juli. Twitter adalah jejaring sosial sejenis micro-blogging.

 

  1. MANFAAT JEJARING SOSIAL BAGI PENGGUNANYA

Manfaat Jejaring Sosial Bagi Pelajar dan Dunia Pendidikan:

  1. Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan,
  2. Sebagai sarana pertukaran budaya antar teman di seluruh dunia,
  3. Sebagai sarana pertukaran informasi antar teman di seluruh dunia,
  4. Melatih siswa supaya mengetahui cara-cara penggunaan komputer khususnya jejaring sosial,
  5. Sebagai sarana komunikasi jarak jauh, dan
  6. Sebagai tempat promosi dan bisnis

 

  1. DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF JEJARING SOSIAL 

Selain menjadi jerat sosial, jejaring sosial dapat juga menjadi pemicu kurangnya waktu atau intensitas belajar siswa. Mereka terlalu terlena dengan dunia barunya dalam aktivitas jejaring sosial. Waktu belajar pun jadi korban, sehingga mereka membuat diri mereka rugi akan waktu. Banyak materi yang tertinggal. Memang jejaring sosial sangat memuaskan sehingga penggunanya mudah di perdaya oleh kemajuan teknologi satu ini. Setidaknya mereka menyadari bahwa menggunakan hal yang kurang ada manfaatnya dan menyita waktu belajar hendaknya di hindari agar prestasi tetap terjaga dan tidak menurun hanya karena terlalu fokus pada dunia atau aktivitas jejaring sosial.

 

DAMPAK NEGATIF:

  1. Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.
  2. Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.
  3. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi, pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer.
  4. Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya.

 

DAMPAK POSITIF

  1. Memperluas pergaulan.
  2. Sebagai media promosi dalam bisnis.

 

  1. CARA MENGATASI KECANDUAN PADA JEJARING SOSIAL

Semenjak situs jejaring sosial (seperti Facebook dan Twitter) menyedot perhatian publik. Sebagian besar menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs jaringan sosial. Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain jejaring sosial.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. KESIMPULAN

Internet merupakan salah satu dari dampak adanya perkembangan teknologi. Internet dapat membantu kita dalam berbagai hal, contohnya dalam berkomunikasi melalui jejaring sosial sperti faceboo. Dengan Facebook kita dapat mencari teman sebanyak mungkin diseluruh dunia dan berkomunikasi tanpa harus bertemu langsung. Namun, selain manfaat yang kita dapatkan ternyata ada juga engaruh buruk dari Facebook.

 

  1. SARAN

Sebaiknya kita sebagai pengguna harus pintar – pintar dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kita harus dapat menyaring dan memilih hal – hal yang positif dan menjauhi hal – hal yang buruk, sehingga kita tidak terjerumus ke arah negatif. Jadilah pengguna yang bijak.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://id.wikipedia.org/wiki

http://www.cams.com

http://situs.blogspot.com

http://www.carapedia.com/kata_pengantar_karya_ilmiah_karya_tulis_info315.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *