Pidato Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah contoh pidato Bahasa Indonesia yang bertema “Jejaring Sosial” :

 

 

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Bapak Cucu Sukmara S.pd

Teman–teman yang saya cintai.

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan berkat-Nya  sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato bertemakan dampak jejaring sosial.

 

Seperti yang kita ketahui sekarang ini, perkembangan IPTEK semakin pesat sehingga sekarang kita dapat dengan mudah melakukan berbagai kegiatan. Contohnya kemudahan dalam berkomunikasi. Sekarang kita dapat berkomunikasi dengan jarak jauh melalui berbagai cara, misal dengan telepon, e-mail, SMS, friendster, twitter dan yang sekarang sedang digemari oleh kaum remaja yaitu facebook.

 

Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang sedang populer di kalangan pelajar. Dengan facebook kita dapat memiliki banyak teman dan berkomunikasi dengan semua orang yang ada di seluruh dunia. Selain itu facebook juga dapat membantu kita dalam berbagai hal seperti mengirim foto, data, dan dapat membantu sesama dengan melakukan penggalangan dana melalui facebook. Dengan facebook juga kita dapat mencari teman atau saudara kita yang jauh.

 

Facebook sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, namun tidak sedikit juga dampak negatif yang timbul dari adanya penyalahgunaan facebook. Dampak negatif dari penyalahgunan facebook adalah :

  1. sering menggunakan Facebook hingga larut malam sehingga mereka harus bangun telat dan terlambat tiba di sekolah
  2. kita jadi malas untuk belajar
  3. kita jadi malas bersosialisasi di masyarakat di sekitar kita
  4. merusak kesehatan mata, dan
  5. facebook dapat menjadi sarana penipuan, penculikan

 

Dapat kita simpulkan bahwa facebook memiliki banyak manfaat dalam kehidupan, namun facebook juga memiliki dampak negatifnya. Maka dari itu gunakanlah facebook dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

 

Bapak guru dan teman – teman sekalian, sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga kita semakin sadar dan lebih memahami manfaat jejaring social Facebook. Apalagi semakin banyaknya korban akibat dampak negative penggunaan Facebook saat ini yang mungkin bisa kita jadikan contoh agar lebih berhati-hati dalam menggunakan jejaring social ini.

Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pidato saya. Terimakasih atas perhatian Bapak dan teman – teman.

Akhir kata, Wassalamalaikum Wr. Wb.