Maluku Island

 

Maluku Island- adalah sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan MalukuIndonesia. Lintasan sejarah Maluku telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di Timur Tengah seperti kerajaan Mesir yang dipimpin Firaun. Bukti bahwa sejarah Maluku adalah yang tertua di Indonesia adalah catatan tablet tanah liat yang ditemukan di PersiaMesopotamia, dan Mesir menyebutkan adanya negeri dari timur yang sangat kaya, merupakan tanah surga, dengan hasil alam berupa cengkeh, emas dan mutiara, daerah itu tak lain dan tak bukan adalah tanah Maluku yang memang merupakan sentral penghasil PalaFuliCengkeh dan MutiaraPala dan Fuli dengan mudah didapat dari Banda KepulauanCengkeh dengan mudah ditemui di negeri-negeri di Ambon, Pulau-Pulau Lease (SaparuaHaruku & Nusa laut) dan Nusa Ina serta Mutiara dihasilkan dalam jumlah yang cukup besar di Kota Dobo, Kepulauan Aru.

Maluku Island

Pendapat pertama menyatakan kata Maluku berasal dari bahasa Arab yaitu kata Al-MulkAl-Mulk berarti sebagai tanah atau pulau atau negeri para raja. Hal ini memang benar karena Maluku sampai sekarang pun terdiri atas negeri-negeri kecil yang lumayan banyak dengan rajanya sendiri-sendiri.

Pendapat kedua menyatakan kata Maluku berasal dari bahasa Ternate yaitu kata Moloku atau Moloko, dua kata itu Moloku atau Moloko sama-sama berarti sebagai tanah air. Hal ini tercermin dari perkataan bangsa Ternate pada masa lampau yang menyebutkan bumi Maluku belahan utara sebagai Moloku Kie Raha yang berarti tanah air dengan empat gunung. Keempat gunung yang dimaksud adalah 4 kerajaan atau kesultanan besar dari Maluku Utara yaitu Kerajaan TernateKerajaan TidoreBacan, dan Jailolo.

Maluku Island

Ibu kota Maluku adalah Ambon yang bergelar atau memiliki julukan sebagai Ambon Manise, kota Ambon berdiri di bagian selatan dari Pulau Ambon yaitu di jazirah Leitimur. Ada wacana bahwa Kota Ambon Manise sudah semakin padat, sumpek, dan tidak lagi layak untuk menampung jumlah penduduk yang dari tahun ke tahun meningkat tajam yang merupakan ibu kota Provinsi akan menjadi kota biasa karena ibu kota direncanakan pindah ke negeri Makariki di Kabupaten Maluku Tengah.

Pada tahun 1999 ketika konflik atau tragedi krisis kemanusiaan dan konflik horizontal antar bersaudara Salam-Sarane atau antara Islam dan Kristen yang lebih dikenal sebagai Tragedi Ambon melanda Maluku, sebagian wilayah Provinsi Maluku dimekarkan menjadi Provinsi Maluku Utara, dengan ibu kota di Sofifi. Namun, karena Kota Sofifi dinilai belum siap menjadi ibu kota maka pusat pemerintahan sementara sampai 2009 berada di Kota Ternate yang berada di Pulau Ternate.

Sejak zaman purba kala, Maluku diakui telah memiliki daya tarik alam selain daripada rempah-rempahnya. Terdiri dari ratusan kepulauan membuat Maluku memiliki keunikan panorama disetiap pulaunya dan mengundang banyak turis asing datang untuk mengunjungi bahkan menetap di kepulauan ini. Selain objek wisata alam, beberapa peninggalan zaman kolonial juga merupakan daya tarik tersendiri karena masih dapat terpelihara dengan baik hingga sekarang. Bahkan dibeberapa daerah,pariwisatanya sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Provinsi Maluku adalah sebuah provinsi yang memiliki banyak potensi dalam berbagai bidang. Maluku memiliki potensi dalam bidang perikanan, dalam bidang tambang, hutan, energi, maupun wisata juga sangat banyak yang indah.

 

Maluku Island

Profil pariwisata Maluku yang berisikan objek dan daya tarik maupun mengunjungi Maluku, merupakan kenyataan-kenyataan potensi kepariwisataan yang begitu menjanjikan terutama bagi wisatawan untuk saatnya datang berkunjung menyaksikan keindahan alam meliputi : Ketersediaan daya tarik bawah laut sesuai dengan karakteristik wilayah Maluku sebagai daerah kepulauan, Gunung api, Gunung api bawah laut, Daerah perbukitan, Pemandangan alam, Teluk, Danau dan Keramah-tamahan masyarakat Maluku yang sudah dikenal sejak dahulu dengan tradisi masyarakat yang menganggap Wisatawan Sebagai Raja.

Di Maluku juga terdapat wisata budaya, sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia bagian timur, Provinsi Maluku sangat kaya dengan berbagai objek wisata baik berupa panorama alam maupun bangunan-bangunan peninggalan sejarah seperti Masjid Kuno Desa Kaitetu dan hasil kerajinan. Maluku memiliki tarian dan musik tradisional tersendiri tentunya.

Beberapa destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di Maluku seperti Pantai Jikomalamo, Pantai Ora, Pantai Ngurtavur bisa dimasukkan ke dalam daftar list agenda perjalanan kamu kali ini. Selain pantai – pantai yang disebutkan tadi, masih banyak lagi pantai – pantai di Maluku yang bisa kamu kunjungi. Mau tahu dimana saja?

Masih banyak hal-hal menakjubkan dan istimewa di Maluku yang belum dijelaskan pada artikel ini. Persiapkan perjalanan kalian untuk pergi ke Maluku. Pasti akan sangat mengesankan untuk liburan kalian. See you for next artikel guys! Keep strong! Bye-bye wkwk holic !

 

 

Post Author: gilanglagi

2 thoughts on “Maluku Island

    Wattimury

    (Oktober 11, 2018 - 6:56 pm)

    Goodbye Ambon well done! great job for Makariki the way of love God almighty

    Wattimury

    (Oktober 11, 2018 - 6:59 pm)

    Goodbye Ambon well done! Great job for Makariki the way of GOD almighty we have to follow.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *