Prajurit Bangsa Indonesia

 

 

Prajurit Bangsa Indonesia- Hi bro! How are you today? Kami sudah lama tidak menyapa kalian semua. Sebuah apresiasi jika artikel kami memberi sebuah manfaat yang berarti untuk para pembacanya. Jadi, selalu support kami dalam mengembangkan artikel-artikel kami. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang kemiliteran.

Prajurit Bangsa Indonesia sangatlah banyak, diberbagai macam dan bidangnya. Akhir-akhir ini ada yang menjadi sebuah sorotan berita asing mengenai kehebatan Prajurit Bangsa Indonesia. Siapakah prajurit tersebut? Mereka semua adalah Kopassus.

Komandan Pasukan Khusus (KOPASSUS) adalah salah satu pasukan komando utama tempur Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Sesuai namanya, pasukan ini terdiri dari prajurit-prajurit yang memiliki kemampuan khusus. Tidak mengherankan apabila tugas yang dijalani begitu berat, dan tidak jarang ditugaskan di luar negeri.

Dibawah ini adalah beberapa fakta tentang KOPASSUS:

Prajurit Bangsa Indonesia

  1. Operasi Pembebasan Sandra Mapenduma

Inilah salah satu kehebatan dari Kopassus, yaitu membebaskan sandera yang telah lama hilang selama 130 hari. Pasukan pada saat itu berhasil membebaskan belasan ilmuwan Tim Ekspedisi Lorentz yang disandera OPM Mapenduma, belantara Papua pada 1996 silam. Kopassus sempat mengalami baku tembak pada proses pembebasan sandera tersebut pada saat itu.

  1. Operasi Pembebasan Sandera Woyla

Pada tahun 1981, Pesawat Garuda DC-9 Woyla rute Jakarta-Palembang-Medan mengalami pembajakan oleh teroris ‘Komando Jihad’. Para teroris menyamar sebagai penumpang pada awalnya, lalu para teroris itu menahan pesawat di Bandara Bangkok, Thailand selama 4 hari. Jumlah teroris sebanyak lima orang, namun pihak Kopassus dapat mengatasi tragedi itu dengan cepat.

  1. Menaklukan Puncak Tertinggi Dunia

Kopassus berhasil menaklukan puncak tertinggi dunia yang pertama kali di Asia Tenggara pada tahun 1997. Mereka berhasil mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih di Puncak Gunung Everest. Hal itu membuktikan prajurit Kopassus memiliki emampuan bertahan hidup di mana saja dan dalam kondisi apa saja.

  1. Juara dalam Kompetisi Sniper Asia Pasifik

Pada tahun 2006 lalu, Kopassus berhasil menjadi juara dalam kompetisi Internasional dalam bidak menembak. Kompetisi itu diadakan dalam pertemuan Pasukan Elit Asia Pasifik 2006. hal lain yang membuat bangga adalah, senjata yang digunakan merupakan senjata buatan PT Pindad Indonesia.

  1. Melatih Pasukan Militer Negara lain

Prajurit Kopassus juga diminta untuk memberikan pelatihan kemiliteran kepada negara asing. Mereka ditugaskan melatih beberapa negara di Afrika Utara dan Kamboja. Sekitar 80 persen negara-negara di benua Afrika dan sekitarnya dilatih oleh Kopassus. Jika di Kamboja, Pasukan Komando Khusus ditugaskan melatih pasukan Royal Cambodian Army, yang merupakan pasukan pengaman presiden.

  1. Menjadi guru di daerah pedalaman

Tidak hanya dalam kemampuan menembak, Kopassus juga ahli dalam mengajar. Saat operasi penumpasan OPM di pedalaman Papua pada tahun lalu silam. Tidak hanya menjadi guru, para prajurit juga bertugas dalam bidang kesehatan.

 

Prajurit Bangsa Indonesia

  1. Menemukan Blackbox sukhoi 100

Salah satu yang menjadi perbincangan Internasional adalah prajurit Kopassus ikut serta dalam pencarian hilangnya Pesawat Sukhoi 100 di Bogor, Jawa Barat, Indonesia pada tahu 2012. Setelah mampu membuka jalan menuju lokasi jatuhnya pesawat yang memiliki 45 korban jiwa, lalu para prajurit tersebut menemukan blackbox.

  1. Juara Operasi Militer tingkat Internasional

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berhasil mendapat juara dalam pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault level dunia di Wina, Austria. Mereka berada pada peringkat kedua dalam operasi militer strategis, yakni pergerakan, penyusupan, penindakan, intelejen, dari 35 pasukan elit dari berbagai negara ikut berkompetisi dalam event ini. Kopassus berada dibawah pasukan Delta Force, Amerika Serikat yang menduduki peringkat atas.

 

 

 

  1. Pasukan Elit Terbaik Dunia

Kopassus menjadi pasukan elit yang berada di posisi terbaik sedunia berdasarkan daftar pasukan elit dunia yang dirilis oleh Discovery Channel Military pada 2008. Dengan begitu Kopassus telah berhasil mengungguli pasukan-pasukan di negara adidaya yang dilengkapi perlengkapan dengan teknologi canggih.

 

Apakah artikel ini menari guys? Berikan saran dan kritik Anda dan kirimkan ke contact kami.

Bye!

Post Author: gilanglagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *