Seseorang Asal Lampung yang Mendunia ‘Jim Geovedi’  

 

Jim Geovedi (lahir 28 Juni 1979) adalah seorang pakar keamanan teknologi informasi ternama asal Indonesia yang berfokus pada penemuan celah keamanan komputer dan jaringan dengan kekhususan sistem telekomunikasi dan satelit. BBC News menjulukinya sebagai sosok yang “tidak mirip seperti penjahat Bond… tetapi memiliki sejumlah rahasia yang akan mereka kejar habis-habisan”.

 

Di dunia maya, nama Jim Geovedi sering disebut sebagai ‘orang yang berbahaya’. Mengapa? Saat ini ketika nyaris semua informasi dan manusia terkoneksi, jika dia mau, bisa saja setiap saat keluar masuk melongok membaca email atau sekedar mengintip rekening orang lain. Bahkan dia bisa saja mencuri data-data penting seperti lalu lintas transaksi bank, laporan keuangan perusahaan atau bahkan mengamati sistem pertahanan negara.

Orang berumur 38 tahun yang lahir di Pulau Sumatera tepatnya di Bandar Lampung, Indonesia. Setelah lulus SMA Geovedi menjalani kehidupan yang keras di Bandar Lampung sebagai seniman grafis dan setelah seorang pendeta mengenalkannya dengan komputer dan internet, ia mulai mempelajarinya secara otodidak.

Seseorang Asal Lampung yang Mendunia ‘Jim Geovedi’   

Geovedi mengaku pernah meretas dua satelit Indonesia dan Cina milik para kliennya. Saat itu ia diminta menguji sistem keamanan kontrol satelit dan melihat adanya kemungkinan untuk menggeser atau mengubah rotasinya. Ia sempat menggeser orbit satelit Cina dan membuat kliennya panik karena agak sulit mengembalikan orbit suatu satelit. Dengan bahan bakar ekstra, satelit tersebut akhirnya berhasil dikembalikan ke jalurnya. Tetapi untuk satelit Indonesia, Geovedi mengaku hanya mengubah rotasinya saja.

Seseorang Asal Lampung yang Mendunia ‘Jim Geovedi’   

“Kalau mau saya bisa mengontrol internet di seluruh Indonesia,“ kata Jim dalam percakapan dengan situs Deutsche Welle Jerman. Ketika keterangannya dikonfirmasikan pengamat IT Enda Nasution, dia mengaku percaya Jim Geovedi bisa melakukan itu.

Dengan kemampuannya dalam bidang hacking, dalam sebuah pertemuan hacker dunia, Jim memperagakan cara meretas satelit. Ia bisa mengubah arah atau menggeser posisi satelit.

Saat ini Jim Geovedi tinggal di London dan mendirikan perusahaan jasa sistem keamanan teknologi informasi bersama rekannya. Dia menangani para klien yang membutuhkan jasa pengamanan sistem satelit, perbankan dan telekomunikasi. Dua tahun terakhir, dia mengaku tertarik mengembangkan artificial intelligence komputer.

Kemampuannya diakui secara internasional. Selain bekerja sebagai konsultan sistem keamanan informasi, dia juga tercatat sebagai pemilik saham dua buah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi. “Waktu kerja saya cuma dua jam sehari. Sangat santai, tetapi pendapatannya memuaskan. Sisa waktunya sebut leisure time. Bebas merdeka. Mau jalan-jalan atau riset terserah saya,” tuturnya.

Seseorang Asal Lampung yang Mendunia ‘Jim Geovedi’   

Media sering menyebutnya sebagai contoh orang-orang yang terkenal di industri IT dengan mengandalkan otaknya saja tanpa gelar akademik. Geovedi juga seorang DJ dan produser musik profesional. Saat ini ia terikat kontrak dengan Elektrax Recordings, sebuah label musik techno yang berpusat di Sydney.

Post Author: gilanglagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *