Kebun Gajahku “Way Kambas”

Gajah Way Kambas- Hallo guys! How are you? Pada kesempatan ini membahas tentang tempat destinasi indah sekali di Kebun Gajah “Way Kambas”. Kenapa disebut kebun gajah? Mungkin karena tempat para gajah di pelihara dan dirawat. Ada banyak Gajah Sumatera di sana, untuk dilatih maupun di kembang biakkan. Mengingat banyak populasi Gajah Sumatera menurun.

            Way Kambas adalah sebuah Taman Nasional ataupun kebun gajah yang di jadikan sebuah tempat wisata di Lampung, bagian paling selatan Pulau Sumatera. Tempat ini menyediakan banyak pilihan bermain. Kalian semua dapat menikmati semua zona bermain dengan Gajah yang telah jinak.

 

Kebun Gajahku “Way Kambas”

            Gajah adalah hewan endemik Provinsi Lampung, hewan itu juga menjadi ikon provinsi ini. Sebagian besar populasi Gajah Sumatera berada di Lampung. Tidak heran bila gajah tersebut sering disebut masyarakat dengan ‘Gajah Lampung’. Way kambas juga tempat sekolah, yang pasti bukan tempat sekolah untuk para manusia, melainkan tempat sekolah para gajah guys.

            Way kambas berdiri pada tahun 1985, yang merupakan Sekolah Gajah pertama yang ada di Indonesia. Dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

   Kebun Gajahku “Way Kambas”

            Di Taman Nasional Way Kambas tidak hanya terdapat hewan gajah guys. Disana terdapat banyak macam-macam flora dan fauna, seperti Badak sumateraGajah SumateraHarimau sumateraMentok RimbaBuaya sepit. Untuk tanaman banyak diketemukan Api-apiPidadaNipahpandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau TongtongSempidan BiruKuau rajaBurung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.

Kebun Gajahku “Way Kambas”

            Kalian masih penasaran dengan Gajah Sumatera?Nama latin Gajah Sumatera adalah  (Elephas maximus sumatranensis). Gajah Sumatera adalah salah satu dari tiga subspesies yang diakui Asian Elephant, dan asli Pulau Sumatera. Secara umum, gajah Asia lebih kecil dibandingkan dengan Afrika dan memiliki titik badan tertinggi di kepala. Di antara gajah Asia, gajah Sumatera adalah yang terkecil, dengan tinggi bahu berkisar antara 2 meter dan 3,2 meter (6,6 kaki. 10,5 ft). Gajah liar Sumatera yang sebelumnya ditemukan di delapan provinsi Sumatera. Namun, vegetasi yang padat dan hutan hujan tropis yang kusut  membuat sulit untuk memperkirakan jumlah pasti mereka.

Kebun Gajahku “Way Kambas”

Jika kalian semua penasaran dengan adanya gajah-gajah yang pintar ini. Berkunjunglah ke Lampung, jarak dari pusat provinsi sekitar 110 km. Mari kita semua menjaga kelestarian Bumi kita, agar tidak terjadi kerusakan. Jagalah alam disekitar kalian!

See you guys! Bye-bye!

 

 

Post Author: gilanglagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *